Senin, 12 Desember 2011

Membuat Animasi Pada ETOYS

Assalam mualaikum Wr. Wb…

Pada postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang etoys. Jujur saya belum pernah dengar nama etoys sebelumnya. Setelah saya dapat tugas pertama pada bulan ketiga dari dosen untuk membuat animasi dengan menggunakan etoys, saya baru tau ternyata ada program (etoys)  yang mudah membuat animasi untuk anak-anak.
Saya akan memberi sedikit penjelasan pengertian tentang etoys, pasti banyak yang tidak tau apa sih etoys itu sebenarnya?? Etoys merupakan perangkat lunak pada komputer yang menggunakan bahasa pemrograman yang berbasis prototype, yang sering digunakan dalam bidang pendidikan yang bersifat open source.  Dimana etoys ini bisa digunakan atau dapat dipakai oleh kalangan mana pun, dalam arti kalangan disini maksudnya dapat digunakan oleh semua umur baik anak kecil, orang dewasa maupun orang tua. Semua orang dapat menggunakan program etoys tersebut.  Dari pengertian etoys, saya jadi paham dan mengerti ternyata etoys tidak sesusah yang saya pikirkan.
Langsung saja saya perkenalkan tampilan awal pada etoys dibawah ini.

           Pada gambar diatas terdapat 3 icon yaitu Gallery Of Projects, Make A Project, dan Tutorials and Demos. Pada Gallery Of Project terdapat berbagai macam contoh animasi pada etoys, kemudian pada Tutorials and Demos terdapat tutorial pembuatannya. Dan untuk membuat animasinya klik make a project, lalu klik make a painting akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


         Setelah muncul gambar di atas, barulah saya membuat gambarnya. Pada program etoys ini saya akan membuat beberapa balon, setelah selesai membuatnya klik keep,



Setelah itu klik kanan pada objek akan muncul gambar,seperti dibawah ini.


Klik icon seperti gambar mata, setelah itu akan muncul gambar di bawah ini.

Setelah itu pilih data yang mau dimasukkin untuk menjalankan objek tersebut, pilih yang mana saja dan letakkan di mana saja. Nanti akan muncul sketch script1. Seperti gambar dibawah ini.




Gambar sketch di atas merupakan flowchart pada etoys, saya pikir flowchart yang ada di etoys itu sama dengan flowchart pada umumnya, ternyata beda walaupun fungsinya hampir sama untuk menunjukkan alur atau jalannya program tersebut. Bedanya flowchart etoys dengan flowchart pada umumnya adalah tidak adanya simbol-simbol.
Setelah selesai semua barulah gambar balon tersebut dapat bergerak,,




     Kesimpulannya sebenarnya menggunakan program etoys ini sangatlah mudah, hanya ada kesulitan saja setelah selesai membuat gambarnya, karena bingung bagaimana caranya supaya bisa bergerak animasi tersebut, dengan di bantu teman-teman dikampus akhirnya saya tau bagaimana menggerakkan animasi tersebut.

      Sekian dulu postingan tugas saya, maaf bila ada salah-salah kata atau tulisan,,,

Wassalamua’laikum Wr. Wb…

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar