Sabtu, 19 November 2011

Peranan Desain Pemodelan Grafik dengan IMK Bag 2



Assalamualaikum Wr. Wb...

    Pada postingan w kali ini, w akan melanjutkan Peran Desain Pemodelan Grafik dengan IMK. Dimana pada postingan w yang sebelumnya w sudah membahas tentang pengertian IMK itu sendiri. Dan pada Postingan w kali ini w akan menjelaskan contoh yang berkaitan dengan peran desain pemodelan dengan IMK. contohnya pada komputer terdapat banyak bentuk simbol atau icon yang dimana manusia atau pengguna dapat mengerti tanpa harus bertanya. 
   Seperti gambar dibawah ini, kita dapat melihat contoh bagaimana bentuk icon tersebut.


    Dapat kita lihat pada gambar diatas. Disana terdapat gambar dan tulisan. Misalnya seperti icon search menggunakan gambar kaca pembesar yang biasanya digunakan orang untuk melihat sesuatu atau mencari. Sama halnya pada komputer, search juga berfungsi sebagai melihat atau mencari data tertentu.
    Icon help and support yang berguna dalam hal membantu hal yang kita tidak ketahui. Mengapa menggunakan lambang tanda Tanya(?) karena didalam program tersebut kita biasa mempertanyakan “bagaimana cara kerjanya?”, “mengapa bisa terjadi error?” dan pertanyaannya lainnya.
     Adapun contoh lainnya yaitu pada desain handpone, pada zaman sekarang bentuk atau desain handpone pun beraneka ragam,  bentuknya yang beragam dapat menarik para pengguna untuk membelinya.
    w akan menambahkan sedikit tentang Bidang Ilmu yang berkaitan dengan Interaksi Manusia denga komputer sebagai berikut :
Ilmu Komputer dan Elektronik
     Dari segi perancangan disiplin ilmu ini bersifat merancang konsep utama dari sistem hardware dan software. Kalau manfaat dari hasil kegiatan interaksi adalah membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Psikologi
   Perancang komputer akan memperhatikan faktor psikis dari seorang pengguna. Dimana perancang membuat media interaksi manusia dan komputer tidak terlalu sulit sehingga pengguna tidak mengalami stress jika mengoperasikan komputer.

Antropologi
    Kita ketahui antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang budaya dan adat istiadat, keanekaragaman, dan perilaku manusia. Oleh karena itu, perancang media interaksi harus memperhatikan perbedaan budaya antara suatu wilayah dengan wilayah lain. Misalnya budaya orang kota dengan budaya orang desa. Orang kota biasanya merupakan orang kantoran dimana seperti kita ketahui orang kantoran memerlukan akses informasi cepat. Maka perancang komputer untuk membuat sebuah komputer yang bisa menampilkan atau media transfer informasi yang cepat & efisien.

Ergonomik
   Perancang media interaksi harus memperhatikan tentang perancangan kenyamanan manusia dalam penggunaan komputer sehingga dari kegiatan interaksi manusia dengan komputer dapat menghasilkan sesuatu. kita dapat mengambil contoh keyboard. Sebenarnya keyboard dari komputer itu diadaptasi dari mesin tik. Namun, keyboard di komputer dibuat tidak memerlukan tenaga besar untuk menekan key(tombol)dibandingkan dengan keyboard pada mesin tik. Dengan demikian, pengguna dapat berinteraksi nyaman.
Desain Grafis
Ilmu yang sangat penting dalam hubungan interaksi. karena dengan menggunakan visual interaksi manusia dengan komputer dapat berjalan lancar. dan bagi orang yang awam lebih mudah mengerti dibandingkan dengan menggunakan text command yang harus dihafal untuk berinteraksi dengan komputer.

Linguistik (BAHASA)
   Komputer merupakan elektronik yang cuma mengetahui bahasa mesin (red: machine Language). ini tentu sulit dimengerti oleh orang awam. Oleh karena itu, perancang membuat bahasa seperti manusia sehingga manusia dapat memakainya dengan nyaman. itu tingkat programer. namun, untuk tingkat end user media bahasa seperti visual.

Sosiologi
   Dalam sosiologi terdapat pembagian seperti fakta sosial, tindakan sosial dan khayalan sosial. Dari segi fakta sosial, kita dapat melihat sekarang manusia tanpa hari terlepas dari kegiatan berinteraksi dengan komputer. Untuk segi tindakan sosial, kita dapat ambil contoh sekarang banyak perlombaan yang berkaitan dengan adanya keharusan manusia untuk berinteraksi dengan komputer seperti mekanik motor dalam perlombaan motor. seorang mekanik dengan dapat mudah menentukan kekurangan motor secara akurat dengan menggunakan komputer. dan terakhir khayalan sosial yaitu, manusia sekarang mempunyai rasa ketakutan akan terganti perannya dalam pekerjaan dengan komputer sehingga perusahaan memberhentikan dia.

Dari dua hal pertanyaan di atas dapat kita simpulkan bahwa muncul interaksi manusia dengan komputer serta pengaruh dari perkembangan interaksi manusia komputer adalah kemampuan komputer dalam mengerjakan tugas – tugas atau masalah hidup dari manusia itu sendiri. Dalam perkembangan kegiatan interaksi manusia itu terdapat beberapa disiplin ilmu. Dimana disiplin ilmu ini juga yang mempengaruhi dari interaksi manusia dengan komputer.

    Sekian postingan dari w, maaf bila ada kesalahan kata-kata dalam penulisan atau postingan w kali ini...
    Wassalamualaikum Wr. Wb...

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar