Kamis, 17 November 2011

Desain Pemodelan Grafik di Bidang Budaya

Assalam mualaikum Wr. Wb...

   Pada postingan kali ini w akan membahas tentang manfaat desain pemodelan grafik di bidang budaya. Tapi w akan membahas budaya musik tradisional. Tanpa basa basi lagi, w langsung bahas saja.

   Kalian pasti sudah mengetahui dengan jelas tentang budaya, budaya merupakan ciri khas bangsa indonesia, dimana  budaya sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, tapi pada zaman nenek moyang kita mungkin budaya belum terlalu digunakan atau dimengerti atau dimanfaatkan (itu sih menurut w). Sedangkan pengertian budaya itu sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. 

  Banyak contoh yang berhubungan dengan desain pemodelan grafik di bidang budaya, yaitu :  
  • Batik, kalian pun sudah mengetahui bahwa batik merupakan kebudayaan kita yang telah di akui oleh UNESCO sebagai Warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Cara pembuatannya Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti suterapoliesterrayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin. Batik pun memiliki tiga jenis pembuatannya yaitu batik tulis, batik lukis, dan batik cap.

  • Candi, merupakan suatu bentuk candi yang tersusun dari bebatuan yang terukir atau terpahat dengan desain terstruktur. Dimana pada pahatan tersebut kita dapat melihat bentuk suatu gambar, tulisan jawa atau aksara jawa. Salah satunya yaitu candi Borobudur, candi borobudur merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia. 
  • Musik Tradisional, budaya kita tidak akan lengkap bila tidak terdapat alat musik tradisional. Bukan hanya candi ataupun batik saja yang cara pembuatannya dengan menggunakan desain pemodelan grafik. Bentuk dari alat musik tradisonal pun sekarang juga menggunakan desain pemodelan grafik. Musik Tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling memengaruhi diantaranya Seniman, musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Sedangkan maksudnya untuk memper-satukan persepsi antara pemikiran seniman dan masyarakat tentang usaha bersama dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional. Menjadikan musik tradisional sebagai perbendaharaan seni di masyarakat sehingga musik tradisional lebih menyentuh pada sektor komersial umum.
    Kegiatan ini diharapkan mampu memberi kontribusi bagi peserta juga kepada masyarakat luas sehingga musik tradisional dapat berperan sebagai hiburan untuk menjalankan bisnis para pengusaha. Musik Tradisional juga adalah musik yang berkembang secara tradisional di kalangan suku-suku tertentu. Contohnya seperti virtual gamelan.

    
    sekian dulu postingan saya, maaf bila ada salah - salah kata ataupun secara keseluruhannya dalam postingan ini. 

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar