Sabtu, 19 November 2011

Peranan Desain Pemodelan Grafik dengan IMK Bag 2



Assalamualaikum Wr. Wb...

    Pada postingan w kali ini, w akan melanjutkan Peran Desain Pemodelan Grafik dengan IMK. Dimana pada postingan w yang sebelumnya w sudah membahas tentang pengertian IMK itu sendiri. Dan pada Postingan w kali ini w akan menjelaskan contoh yang berkaitan dengan peran desain pemodelan dengan IMK. contohnya pada komputer terdapat banyak bentuk simbol atau icon yang dimana manusia atau pengguna dapat mengerti tanpa harus bertanya. 
   Seperti gambar dibawah ini, kita dapat melihat contoh bagaimana bentuk icon tersebut.


    Dapat kita lihat pada gambar diatas. Disana terdapat gambar dan tulisan. Misalnya seperti icon search menggunakan gambar kaca pembesar yang biasanya digunakan orang untuk melihat sesuatu atau mencari. Sama halnya pada komputer, search juga berfungsi sebagai melihat atau mencari data tertentu.
    Icon help and support yang berguna dalam hal membantu hal yang kita tidak ketahui. Mengapa menggunakan lambang tanda Tanya(?) karena didalam program tersebut kita biasa mempertanyakan “bagaimana cara kerjanya?”, “mengapa bisa terjadi error?” dan pertanyaannya lainnya.
     Adapun contoh lainnya yaitu pada desain handpone, pada zaman sekarang bentuk atau desain handpone pun beraneka ragam,  bentuknya yang beragam dapat menarik para pengguna untuk membelinya.
    w akan menambahkan sedikit tentang Bidang Ilmu yang berkaitan dengan Interaksi Manusia denga komputer sebagai berikut :
Ilmu Komputer dan Elektronik
     Dari segi perancangan disiplin ilmu ini bersifat merancang konsep utama dari sistem hardware dan software. Kalau manfaat dari hasil kegiatan interaksi adalah membantu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Psikologi
   Perancang komputer akan memperhatikan faktor psikis dari seorang pengguna. Dimana perancang membuat media interaksi manusia dan komputer tidak terlalu sulit sehingga pengguna tidak mengalami stress jika mengoperasikan komputer.

Antropologi
    Kita ketahui antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang budaya dan adat istiadat, keanekaragaman, dan perilaku manusia. Oleh karena itu, perancang media interaksi harus memperhatikan perbedaan budaya antara suatu wilayah dengan wilayah lain. Misalnya budaya orang kota dengan budaya orang desa. Orang kota biasanya merupakan orang kantoran dimana seperti kita ketahui orang kantoran memerlukan akses informasi cepat. Maka perancang komputer untuk membuat sebuah komputer yang bisa menampilkan atau media transfer informasi yang cepat & efisien.

Ergonomik
   Perancang media interaksi harus memperhatikan tentang perancangan kenyamanan manusia dalam penggunaan komputer sehingga dari kegiatan interaksi manusia dengan komputer dapat menghasilkan sesuatu. kita dapat mengambil contoh keyboard. Sebenarnya keyboard dari komputer itu diadaptasi dari mesin tik. Namun, keyboard di komputer dibuat tidak memerlukan tenaga besar untuk menekan key(tombol)dibandingkan dengan keyboard pada mesin tik. Dengan demikian, pengguna dapat berinteraksi nyaman.
Desain Grafis
Ilmu yang sangat penting dalam hubungan interaksi. karena dengan menggunakan visual interaksi manusia dengan komputer dapat berjalan lancar. dan bagi orang yang awam lebih mudah mengerti dibandingkan dengan menggunakan text command yang harus dihafal untuk berinteraksi dengan komputer.

Linguistik (BAHASA)
   Komputer merupakan elektronik yang cuma mengetahui bahasa mesin (red: machine Language). ini tentu sulit dimengerti oleh orang awam. Oleh karena itu, perancang membuat bahasa seperti manusia sehingga manusia dapat memakainya dengan nyaman. itu tingkat programer. namun, untuk tingkat end user media bahasa seperti visual.

Sosiologi
   Dalam sosiologi terdapat pembagian seperti fakta sosial, tindakan sosial dan khayalan sosial. Dari segi fakta sosial, kita dapat melihat sekarang manusia tanpa hari terlepas dari kegiatan berinteraksi dengan komputer. Untuk segi tindakan sosial, kita dapat ambil contoh sekarang banyak perlombaan yang berkaitan dengan adanya keharusan manusia untuk berinteraksi dengan komputer seperti mekanik motor dalam perlombaan motor. seorang mekanik dengan dapat mudah menentukan kekurangan motor secara akurat dengan menggunakan komputer. dan terakhir khayalan sosial yaitu, manusia sekarang mempunyai rasa ketakutan akan terganti perannya dalam pekerjaan dengan komputer sehingga perusahaan memberhentikan dia.

Dari dua hal pertanyaan di atas dapat kita simpulkan bahwa muncul interaksi manusia dengan komputer serta pengaruh dari perkembangan interaksi manusia komputer adalah kemampuan komputer dalam mengerjakan tugas – tugas atau masalah hidup dari manusia itu sendiri. Dalam perkembangan kegiatan interaksi manusia itu terdapat beberapa disiplin ilmu. Dimana disiplin ilmu ini juga yang mempengaruhi dari interaksi manusia dengan komputer.

    Sekian postingan dari w, maaf bila ada kesalahan kata-kata dalam penulisan atau postingan w kali ini...
    Wassalamualaikum Wr. Wb...

Sumber :

Peranan Desain Pemodelan Grafik dengan IMK Bag 1


Assalamualaikum Wr. Wb...

     Pada postingan kali ini w akan membahas tentang Peranan Desain Pemodelan Grafik dengan IMK (Interaksi Manusia dengan Komputer). langsung aja w bahas tentang pengertian IMK atau HCI..

    Pengertian Interaksi Manusia dengan Komputer (IMK) atau Human Computer Interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.
     
    Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

       Contohnya pada computer terdapat berbagai macam symbol atau disebut juga dengan icon. Symbol atau icon disini menggunakan desain pemodelan grafik yang berupa gambar bentuk tertuntu agar pengguna(manusia) dapat mengerti dengan hanya melihat gambar atau icon tersebut. 

   Sekian postingan w, maaf bila ada salah - salah kata maupun tulisan pada postingan w kali ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb..



Sumber :

Kamis, 17 November 2011

Desain Pemodelan Grafik di Bidang Budaya

Assalam mualaikum Wr. Wb...

   Pada postingan kali ini w akan membahas tentang manfaat desain pemodelan grafik di bidang budaya. Tapi w akan membahas budaya musik tradisional. Tanpa basa basi lagi, w langsung bahas saja.

   Kalian pasti sudah mengetahui dengan jelas tentang budaya, budaya merupakan ciri khas bangsa indonesia, dimana  budaya sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, tapi pada zaman nenek moyang kita mungkin budaya belum terlalu digunakan atau dimengerti atau dimanfaatkan (itu sih menurut w). Sedangkan pengertian budaya itu sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. 

  Banyak contoh yang berhubungan dengan desain pemodelan grafik di bidang budaya, yaitu :  
  • Batik, kalian pun sudah mengetahui bahwa batik merupakan kebudayaan kita yang telah di akui oleh UNESCO sebagai Warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Cara pembuatannya Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti suterapoliesterrayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin. Batik pun memiliki tiga jenis pembuatannya yaitu batik tulis, batik lukis, dan batik cap.

  • Candi, merupakan suatu bentuk candi yang tersusun dari bebatuan yang terukir atau terpahat dengan desain terstruktur. Dimana pada pahatan tersebut kita dapat melihat bentuk suatu gambar, tulisan jawa atau aksara jawa. Salah satunya yaitu candi Borobudur, candi borobudur merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia. 
  • Musik Tradisional, budaya kita tidak akan lengkap bila tidak terdapat alat musik tradisional. Bukan hanya candi ataupun batik saja yang cara pembuatannya dengan menggunakan desain pemodelan grafik. Bentuk dari alat musik tradisonal pun sekarang juga menggunakan desain pemodelan grafik. Musik Tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling memengaruhi diantaranya Seniman, musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Sedangkan maksudnya untuk memper-satukan persepsi antara pemikiran seniman dan masyarakat tentang usaha bersama dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional. Menjadikan musik tradisional sebagai perbendaharaan seni di masyarakat sehingga musik tradisional lebih menyentuh pada sektor komersial umum.
    Kegiatan ini diharapkan mampu memberi kontribusi bagi peserta juga kepada masyarakat luas sehingga musik tradisional dapat berperan sebagai hiburan untuk menjalankan bisnis para pengusaha. Musik Tradisional juga adalah musik yang berkembang secara tradisional di kalangan suku-suku tertentu. Contohnya seperti virtual gamelan.

    
    sekian dulu postingan saya, maaf bila ada salah - salah kata ataupun secara keseluruhannya dalam postingan ini. 

    

Minggu, 23 Oktober 2011

Mengkonversikan Vektor Ke Bitmap maupun Bitmap Ke Vektor

Assalamualaikum Wr. Wb

Pada tugas sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang pengertian grafik vektor dan grafik bitmap. Dan pada tugas kali ini saya akan membahas tentang konversi Vektor ke Bitmap atau Bitmap ke Vektor.
Seperti yang kita ketahui pengubahan gambar bitmap ke gambar vector dengan menggunakan convert yang sering disebut juga dengan  tracing, saat ini telah mampu dilakukan perangkat lunak pengolahan gambar vektor seperti CorelDraw, Corel Trace, Adobe Flash, dan lain-lain.


   Cara mengkonversi Bitmap ke Vector melalui CorelDraw adalah sebagai berikut :
  • Buka corel draw
  • Lalu export file bitmap
  • Pilih menu Bitmap, kemudian klik Quick Trace. Selain Quick Trace andajuga dapat menggunakan Centerline Trace dan Outline Trace, pilih sesuai dengan keinginan anda
  • Maka jadilah sebuah vector dari file bitmap.
Dibawah ini merupakan gambar konversi bitmap ke vektor



Jika ingin mengkonversi vektor ke bitmap dengan convert yang sering disebut juga dengan rasterisasi. Sebaiknya tetap , menyimpan format vektornya untuk mempertahankan kualitas gambar. Pada mengkonversikan vektor ke bitmap bisa dikatakan lebih mudah, karena kebanyakan pengolah gambar vektor, bisa menyimpan file gambarnya dengan ekstensi gambar bitmap.


Cara mengkonversi Vector ke Bitmap :
  • Buka corel draw
  • Cari file vector yang akan dibuat ke bitmap
  • Pilih menu Bitmap, kemudian klik Convert to Bitmap
  • Maka akan muncul sebuah menu box Convert to Bitmap, sesuaikan resolusinya sesuai keinginan anda
  • Jika sudah disesuaikan dengan keinginan anda, maka klik ok
  • Maka tipe gambarnya akan berubah menjadi bitmap

Bisa dilihat bahwa merubah ke vektor jauh lebih sulit, dibandingkan dengan merubah ke bitmap. Tapi hebat, pada gambar vektor manual, ternyata gambarnya benar benar tidak akan pecah walau diperbesar segede apapun.

            Sekian tugas saya yang ke tiga semoga bermanfaat..
Wassalamualaikum Wr. Wb..

Sumber :
-          (http://nothingwrongwithmylongblackhair.wordpress.com/2011/10/19/konversi-bitmap-ke-vektor-dan-vektor-ke-bitmap/)
       (http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSOR-8-Os_Fq-_lzzr1GxNl4nleLJPT4-Z46cnQhv_a0ZvFMk0tVg&t=1)

Minggu, 16 Oktober 2011

Perbedaan Grafik Vektor dan Grafik Bitmap


Assalamualaikum Wr. Wb
Langsung intinya aja yah, ini tugas ke dua w dari mata kuliah Desain Pemodelan Grafik. Di tugas sebelumnya w udah membahas pengertian dari grafik vektor dan grafik bitmap. Dan ditugas kedua w ini, w akan lebih memperjelas perbedaan dari grafik vektor dan grafik bitmap.

1.       Grafik Vektor
Grafik Vektor adalah grafik yang dibentuk dengan menggunakan garis – garis dan kurva berdasarkan rumus matematika. Grafik dengan tipe vektor  ini banyak digunakan dalam penbuatan desain teks dan logo.
Kualitas hasil tampilan vector tidak tergantung pada tinggi rendahnya resolusi grafik, artinya gambar vector bisa diubah – ubah ke dalam ukuran sebesar apapun tanpa menambah resolusi, dan tampilan grafik tetap tajam dan halus ( tidak pecah ). Di samping itu, grafik vektor juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan (kapasitas) yang tinggi sehingga media penyimpanan ( storage device) tetap rendah. Contohnya pada gambar dibawah ini.



Gambar grafik vektor tersimpan dalam bentuk data geometri yang terdiri dari sejumlah titik dan garis yang menghubungkannya. Data vektor sangan fleksibel dan dapat dimanipulasi dengan mudah dan akurat.
Grafik vektor juga memiliki bentuk file dengan format yang sesuai dengan aplikasi program yang digunakan diantaranya :
    • EPS : format file yang paling popular untuk menyimpan gambar vektor walaupun format EPS juga dapat berisi data bitmap.
    • PDF : format file yang cukup serbaguna, yang dapat berisi data apa saja termasuk halaman – halaman lengkap. 
    • PICT : format file yang dapat berisi data bitmap maupun vektor, tetapi biasanya hanya dapat digunakan oleh komputer macintosh.  

          Dalam program aplikasi grafik vektor menjadi dasar aplikasi pada program Macromedia Freehand, Corel Draw, Adobe Illustrator,Adobe Pagemaker. selain program grafis di atas, program Ms. Office juga berbasis vektor. grafik vektor bisa diadaptasi ke grafik bitmap. 

2.       Grafik Bitmap
Grafik bitmap dikenal juga denga istilah grafik raster (sederhana) adalah kumpulan titik – titik yang disebut dengan pixel ( picture  element ). Pixel – pixel tersebut ditempatkan pada lokasi tertentu dengan nilai – nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan membaentuk tampilan gambar. Contoh gambar dari bitmap.


Bitmap juga memiliki berbagai macam jenis gambar, yaitu : 
        •  Line – art
Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan putih. Biasanya gambar jenis ini dijadikan gambar bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit ( diamana warna hitam digunakan untuk membentuk gambar, sedangkan warna putih digunakan sebagai latar ) untuk mendefinisikan masing – masing pixelnya. Dibawah ini merupakan contoh gambar dari line – art.



        •    Grayscale Images
Merupakan gambar yang terdiri dari bermacam warna abu – abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih.


 
        •   Multitones
Merupakan gambar yang terdiri dari dua warna atau lebih. Gambar multitones yang biasa digunakan adalah duotones, yang biasanya terdiri dari paduan warna hitam dengan warna khusus ( Pantone Colour ). Warna yang digunakan pada gambar diatas adalah paduan dari warna hitam dengan Pantone Warm Red.




        •   Full Colour Images
Merupakan gambar yang memiliki warna yang tampak realistis. Informasi warna dijelaskan menggunakan jenis – jenis standar warna seperti RGB, CMYK atau Lab.



Grafik bitmap memiliki bentuk file yang dapat disimpan dengan berbagai macam format, antara lain :
    •    BMP : format file yang terbatas, tidak cocok digunakan untuk mencetak.
    • EPS : format file yang fleksibel, yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor.
    • GIF : biasanya digunakan untuk grafis – grafis di internet.
    • JPEG : atau juga format file JFIF, biasa digunakan sebagai grafik atau gambar di internet karena memiliki tingkat ketajaman gambar yang dapat mempengaruhi bobot file.
    • PICT : format file yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor, tetapi biasanya file ini hanya digunakan oleh computer Macintosh dan tidak terlalu cocok untuk di cetak.
    • TIFF : merupakan format file bitmap yang paling popular untik dicetak.

Semua gambar yang dihasilkan melalui camera digital dan scanner memiliki format file dengan standar resolusi ( pixel ) hanya 72 dpi. Dan program yang paling cocok dan banyak digunakan untuk mengedit tipe grafik ini adalah program Photoshop. Adapun perbedaan grafik  vektor dan grafik bitmap dengan jelas bila dilihat pada table dibawah ini :
 
Vektor
Bitmap
Disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
Disusun oleh objek yang disebut pixel
Sifatnya resolution independent
Sifatnya resolution dependent atau dipengaruhi resolusi
Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak
Pengaruh perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan
Ukuran penympanan relatif kecil
Ukuran penympanan relatif besar
Digunakan untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.
Digunakan untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan kamera.
Format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS
Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP
Program yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand
Software yang digunakan adalah AdobePhotoshop, Corel Photopaint, MS Paint

Tugas kedua w sudah selesai, semoga tulisan atau tugas w ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Amien..
Wassalamualaikum Wr. Wb..

Sumber :