Rabu, 05 Oktober 2011

Pengertian Grafik, Vektor dan Bitmap


Bismillah hirohman nirohim….
Gak terasa ya udah semester 5, pada semester ini w disibukkan dengan tugas – tugas yang lumayan banyak, hehehe. Tapi w ga akan putus asa untuk mengerjakan semua tugas – tugas tersebut. Dan salah satu dari tugas w yaitu membuat sebuah artikel mengenai Definisi Grafik dan sedikit penjelasan tentang bitmap dan vector. Semoga artikel dibawah ini bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Amien…
Grafik adalah merupakan visualisasi table, dimana table tersebut berupa angka – angka yang dapat disajikan atau ditampilkan ke dalam bentuk gambar.  Atau grafik dapat diartikan sebagai kombinasi gambar – gambar, lambang – lambang, simbol – simbol, huruf, angka, perkataan, lukisan, yang disajikan satu media untuk member konsep dan ide dari pengirim kepada sasarannya dalam proses menyampaikan maklumat.
Dan ada pun beberapa macam jenis grafik, diantaranya :
1.  Grafik Batang atau yang lebih dikenal dengan sebutan Histogram dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek. Contohnya Grafik Penyesuaian Barang. 
2. Grafik Garis dipakai untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu. Contohnya Grafik Kesehatan Anak atau Grafik Perkembangan Pertumbuhan Anak.
3.  Peta dan Denah
Peta adalah penyajian visual tentang suatu wilayah dalam bentuk gambar, sedangkan Denah adalah penyajian visual suatu tempat atau ruangan dalam bentuk gambar.

Adapun kegiatan yang berkaitan dengan grafik computer, yaitu :
1.       Pemodelan Geometris : menciptakan model matematika dari objek – objek 2D dan 3D
2.       Rendering :n memproduksi citra yang lebih solid dari model yang  telah dibentuk.
3.       Animasi : menetapkan atau menampilkan kembali tingkah laku / behavior objek tergantung pada waktu.
Pada dasarnya, grafik komputer terbagi menjadi 2 kategori yaitu grafik vektor dan grafik bitmap. Sehingga perbedaan kedua kategori tersebut dapat membantu kita dalam bekerja.
Pengertian dari grafik vektor  itu sendiri adalah grafik yang dibentuk dengan menggunakan garis-garis dan kurva berdasarkan rumus matematik. Grafik dengan tipe vector ini banyak digunakan dalam pembuatan desain teks dan logo. sedangkan pengertian grafik bitmap atau yang lebih dikenal dengan istilah grafik raster (sederhana) adalah kumpulan titik – titik yang disebut dengan pixel (picture element). Dimana pixel – pixel tersebut ditempatkan pada lokasi tertente dengan nilai – nilai warna tersendiri dan secara keseluruhan membentuk tampilan gambar.
Alhamdulillah hirobbil a’lamin akhirnya tugas pertama selesai sudah, tapi lum bisa untuk bersantai – santai ria masih ada tugas ke dua dan ketiga pada mata kuliah Desain Pemodelan Grafik ini.
Sekian dulu tugas pertama w,,, 



Sumber :
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar